Rabu, 05 Desember 2012

Tugas Biologi Karamel

Description: of karamel
     Ini kue hitam legam rupanya, tapi manis rasanya. Nama lainnya: Sarang Semut, karena penampakannya emang mirip dengan sarang semut yang berlubang-lubang.. Ada rasa-rasa gosong khas karamel di dalamnya. Rahasia pembuatan kue ini supaya dapat rasa yang pas, hitam tapi tidak pahit, ada pada pembuatan karamelnya.
    Adonan karamel cake ini unik. Walaupun encer akan menghasilkan cake yang kenyal, lembut dan bersarang bagus.
Rahasia mendapatkan sarang yang banyak adalah proses pembuatannya. Jangan mengocok mentega dan susu kental manis terlalu lama. Jika terlalu lembut, cake jadi kurang bersarang. Sebagian orang bahkan cukup mengaduknya saja. Mengocok juga cukup menggunakan kecepatan rendah, atau kecepatan tinggi tapi sebentar saja.
    Jangan kaget bila adonan tampak terpisah antara lemak mentega dengan cairan (menteganya mengapung di permukaan). Adonan tersebut akan menyatu saat terkena panas oven.
Sebaiknya selalu lapisi loyang karamel dengan loyang kotak yg lebih besar di bagian bawah. Ini dilakukan untuk menghindari tetesan lemak/minyak adonan yang langsung jatuh ke dasar oven. Minyak yang menetes ke dasar oven akan menimbulkan aroma gosong dan banyak asap.
UNTUK LEBIH LENGKAP TENTANG MANFAAT DAN GIZI Klik Disini


Baking Soda
Sering disebut juga soda kue. Baking soda sebenarnya nama lain dari sodium bikarbonat. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabondioksida (CO2) ketikan dipanaskan atau bertemu dengan cairan atau asam. Karenanya bahan ini bisa digunakan sebagai pengembang karena mengeluarkan gelembung gas saat adonan kue di goreng, kukus atau dipanggang. Baking soda bisa ditambahkan untuk membuat cake atau kue kering. Di dalam cake baking soda akan memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori dan jika ditambahkan di dalam adonan kue kering, baking soda akan menjadikan kue kering bertekstur garing, kering dan renyah. Bentuknya bubuk berwarna putih. Gunakan ½ sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Merek dagang di pasaran Baking Soda Arm & Hammer, Koepoe-Koepoe dan Pesawat Angkasa.
Baking Powder
 Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancake. Komposisi kimia dari baking powder adalah  campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik. Dari sisi kehalalan komposisi baking powder tergolong aman. Seperti halnya baking soda, cara kerja baking powder adalah akan mengeluarkan gas karbondioksida saat bertemu dengan cairan dan terkena panas. Karenanya baking powder dapat mengembangkan cake atau kue. Di pasaran dijual single acting baking powder dan double acting baking powder. Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng. Gunakan jenis baking powder ini jika anda membuat kue dalam jumlah banyak agar kue yang terahir dipanggang tetap dapat mengembang dengan sempurna.  Bentuknya bubuk berwarna putih. Merek dagang untuk baking powder double acting adalah Suparize, Hercules dan U-88. Gunakan1/2 sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Dipasaran baking powder single acting dikenal dengan merek dagang Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar